Kamis, 16 September 2010

PENGASIHAN

ini warisan dari nenek, sebuah doa jawa, kuperuntukkan untuk anakku, keluargaku yang masih satu nenek moyang, bukan untuk orang lain; doa ini amat ampuh dan sewaktu saya masih duduk di madrasah/SD waktu itu malam hari saya dibangunkan nenek dan diajarkan sampai hafal; Saya bertanya sama nenek apakah doa ini bisa dibacakan sama orang tua ? ya,..... cobalah bacakan kepada orang tuamu, kau bikin marah bapakmu kemudian kamu bacakan doa ini, maka hati bapakmu akan luluh; Saya semangat dan percaya sama nenek, karena nenek yang melahirkan orang tua saya; Maka tepat tahun baru 1974 saya berangkat ke surabaya dengan tujuan melihat acara pentas Dandut "SONETA" waktu itu masih ngetop-ngetonya lagu begadang; Celana Komprang dan Rambut Gondrong; Saya boncengan naik Honda kebo dengan sahabat karibku Drs. Ainul Yaqin malik; Cak Munir Almarhum dengan istrinya; Mahfudh nawawi dengan Suheb,.....saya berangkat tidak pamit dengan ayahku Jumiin; Setelah semalam suntuk kami begadang paginya pulang ditempat kos cak munir, pagi itu nyeletuk ada yang bilang kita ini enaknya kemana ? yang lain bilang kita ini enaknya nanti siang mandi di selecta malang (sebuah tempat rekreasi), makannya di belitar, beraknya di kediri; omong punya omong ternyata kita menyepakati ucapan tsb. berangkatlah rombongan dengan mengendarai sepeda motor;....dalam perjalanan rupanya kita punya nasib sial, sepeda motor yang dinaiki Ainul yakin Jatuh, celana robek dan saat itu aku dbonceng dibelakang jga jath tetapi aku tidak apa-apa tidak ada yang lecet, karena waktu jatuh tiba-bia aku duduk di sadel sepeda motor dan alhamdulillah meski banyak truk tapi saya selamat; waktu itu kita berdiskusi apakah keinginan kita mandi diselecta, ke belitar dan ke kediriri mau dilanjutkan ? rupaya kita sepakat tetap pergi; setelah sampai di selecta kita mandi-madi dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Welingi Belitar; Saya bersilaturrahim dengan Keluarga di Weling; bisik npunys bisik, kita dilarang berak, karena berak kita harus di Kediri; Setelah bersilaturrahim dengan seluruh keluarga khususnya nenek, dan mbah buyut dan yang lain kita pamit menuju kediri; Sesampai di Kediri kita bersilaturrahim kerumah yangkung Romli Anwar dan semua rombongan ternyata benar semua masuk WC dan beol; setelah menginap disana satu hari kita pulang ke Gresik; dan sesampai di Rumah Ainul Yakin ibuku Janiyah datang memberi tahu kalau ayahku marah-marah karena saya pergi 3 hari 3 malam tanpa pamit; kata ibuku bapak sudah mnyediaan kayu untuk nyambok/mukuli saya dan benar-benar orang tuaku sangat marah; Karena ortuku sudah marah, maka akupun shalat sunnah dan membacakan doa pengasian yang diberikan nenekku: Setelah mentalku siap akupun pulang; Ayahku waktu itu masih shalat magrib di masjid, dan kemudian beliau datang, membuka pintu sambil mengucap salam, salam orang tuaku kemudian aku jawab dan ortuku mendudukkan aku di Kursi; Sebelum ortuku bicara aku sudah nyeletuk bicara duluan : Bapak ada salam dari nenek dan dari mbah buyut dan eyang buyut di welingi , bapak menjawab alaika waalaihimussalam; Bapakku mulai berbicara dan bertanya : Kenapa kamu pergi gak bilang bapak ? kamu waktu itu punya uang kah tidak ? saya diam tidak menjawab,..hanya aku berkata saya gak bawa uang, saya hanya ikut ainul yaqin; Bapakku berkata, " Coba kalau kau bilang kan dikasih uang sama orang tua, karena kamu gak bilang maka kamu susah sendiri gak punya uang, makanya kalau lain hari pergi supaya kamu minta izin sama orang tua" aku menjawab iya pak saya mohon maaf dan lain hari kalau saya pergi saya akan minta izin sama ortu; inilah cerita bagaimana aku mendapat doa pengasihan dari nenekku yang ijikan langsung pada bapakku jumiin almarhum; Adapaun doanya adalah sebagai berikut : " WALJAMINU ONO SAK JERUNE SERNGENGE ALLAH KANG NGAWERUHI MUHAMMAD KANG NUTURI, ONO TEKO LA TANGIYO LUNGGUH BALE SUN ANGEN-ANGEN KOEN MANEH GAK WELAS ASIHO NANG JABANG BAYI ENGSUN KAKI DEWAMU WELAS ASIH NANG JABANG BAYI ENGSUN TEKO WELAS TEKO ASIH ASIH X7 SAKENG ALLAH ASIHO JABANG BAYINE......................................MARANG ENGSUN"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar